Minggu, 04 Oktober 2015

ADAB-ADAB BERQURBAN

🔰ADAB-ADAB BERQURBAN🔰

📌 WAKTU MENYEMBELIH HEWAN QURBAN

waktu penyembelihan hewan qurban adalah setelah melaksanakan shalat idul adha, sebagaimana sabda Nabi ﷺ dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim :

من ضحى قبل الصلاة فإنما ذبح لنفسه و من ذبح بعد الصلاة فقد تم نسكنه و أصاب سنة المسلمين

"Barangsiapa berkurban sebelum shalat (Iedul Adlha), dia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa menyembelih setelah shalat (Iedul Adlha), maka sempurnalah ibadahnya dan dia telah melaksanakan sunnah kaum Muslimin dengan tepat."(HR. Muslim)

📌SUNNAH-SUNNAH BERKURBAN

🔴 Disunahkan untuk menyembelih hewan qurban dengan tangan sendiri tanpa mewakilkannya kepada orang lain,

sebagaimana yang diriwayatkan oleh Anas bin malik radhiyallohu anhu bahwasannya Rosululloh ﷺ pernah berkurban dengan dua domba putih yang bertanduk, beliau menyembelih dengan tangannya sendiri sambil menyebut (nama Allah) dan bertakbir, dengan meletakkan kaki beliau dekat pangkal leher domba tersebut."(HR. Muslim ).

🔵 Membaca do'a ketika menyembelih.
Dari A'isyah berkata :

ثُمَّ قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

kemudian Nabi berkata : Dengan nama Allah, ya Allah, terimalah ini dari Muhammad, keluarga Muhammad, dan ummat Muhammad." (HR. Muslim)

🔵 Bolehnya menyembelih dengan sesuatu yang dapat mengalirkan darah

Dari Rafi' bin Khadij ia berkata, "Aku berkata kepada Rasulullah, 'Besok kita akan bertemu musuh, sementara kita tidak lagi mempunyai pisau tajam? ' Beliau menjawab: "Sembelihlah dengan sesuatu yang dapat mengalirkan darah, sebutlah nama Allah lalu makanlah, kecuali dengan gigi dan kuku. Aku jelaskan kepada kalian; gigi itu sejenis tulang, sedangkan kuku adalah alat yang biasa digunakan oleh bangsa Habsyah (untuk menyembelih)."(HR. Muslim)

🔴 Larangan memotong kuku dan rambut bagi yang ingin berkurban

Dari Ummu Salamah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika telah tiba sepuluh (dzul Hijjah) dan salah seorang dari kalian hendak berkurban, maka janganlah mencukur rambut atau memotong kuku sedikitpun."(HR. Muslim)

wallohu a'lam bisshowab

__________________________
08 Dzulhijjah 1436
abu syuraih el fayadh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar