Jumat, 09 Oktober 2015

GANGGUAN SETAN KETIKA SHALAT

➖ GANGGUAN SETAN KETIKA SHALAT ➖

📩 PERTANYAAN MASUK :

"Assalamualaikum wr.wb
Ustadz ana mau tanya apakah obat atau bacaan menghilangkan was was.. was was dlm thoharoh dan sholat serta sering buang angin diwaktu solat dan ga bisa menjaga wudhu..
Syukron"

📜 JAWABAN :

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين و أفضل الصلاة و أتم التسليم، على سيدنا محمد خاتم الأنبياء و المرسلين و على آله و أصحابه أجمعين، و التابعين، و من تبع هداهم بإحسان إلى يوم الدين

Diantara tugas setan adalah menggangu manusia ketika ibadah khususnya ketika shalat,  ada setan khusus yang ditugaskan untuk mengganggu orang yang sedang shalat, dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Nabi ﷺ bersabda :

إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لَا يَسْمَعَ التَّأْذِينَ فَإِذَا قَضَى النِّدَاءَ أَقْبَلَ حَتَّى إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلَاةِ أَدْبَرَ حَتَّى إِذَا قَضَى التَّثْوِيبَ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطِرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُولُ اذْكُرْ كَذَا اذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ لَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى

"Jika panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan. Apabila panggilan adzan telah selesai maka setan akan kembali. Dan bila iqamat dikumandangkan setan kembali berlari dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali lagi, lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata, 'Ingatlah ini dan itu'. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam shalatnya."(HR. Bukhari,  Muslim,  Ahmad, an nasa'i dan Abu Daud).

Nabi ﷺ telah menyebutkan obat untuk menangani gangguan seperti ini, yaitu mengucapkan :

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

kemudian meniup dengan diiringi ludah sedikit ke sebelah kiri.

dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Ustman bin abil Ash mengadu kepada Nabi ﷺ tentang gangguan syaitan saat shalat berlangsung. Nabi ﷺ menjawab :

ذَاكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خَنْزَبٌ فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَاتْفِلْ عَلَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا

Ya, yang demikian itu memang gangguan setan yang dinamakan Khanzab. Karena itu bila engkau diganggunya, maka segeralah mohon perlindungan kepada Allah dari godaannya, sesudah itu meludah ke sebelah kirimu tiga kali!".

Usman berkata :  'Setelah kulakukan yang demikian, maka dengan izin Allah godaan seperti itu hilang" (HR. Muslim ).

Adapun jika gangguannya berupa seperti merasakan kentut di tengah-tengah shalat atau setelah wudhu adalah bukan masalah baru. Maka jika masih merasakan was-was seperti itu kami akan memberikan solusinya in sya Allah,

➖ Hendaknya kita kembali kepada Allah dengan ikhlas dan jujur kepada-Nya agar bisa menyembuhkan penyakit ini,  berdo'alah kepada-Nya dengan tulus.

➖ BENTENGILAH diri dengan sering membaca Al qur'an dan berdzikir kepada Allah terutama dzikir pagi dan petang, jangan lupa juga membaca bismillah ketika makan (agar syaitan tidak ikut serta ketika kita makan), dan berdo'a juga ketika mau tidur.

➖ Jika datang was-was tersebut ketika shalat maka berlindunglah kepada Allah dengan mengucapkan "A'udzu billahi minas syaitanir rajim" kemudian meludah ke sebelah kiri,  sebagaimana yang dijelaskan oleh hadist di atas.

Ulama mengatakan was-was itu datangnya dari syaitan, salah satu bentuk was-wasnya adalah merasakan kentut dengan suara kecil, maka ulama sepakat jika itu disebabkan oleh was-was syaitan maka tidak membatalkannya, ciri-ciri was-was ini adalah diiringi dengan rasa ragu, tidak merasakan kentutnya akan tetapi hati merasakan kentut yang membuatnya tidak tenang. Dalan masalah ini ada kaidah yang mengatakan

اليقين لا يزوله الشك

"yakin (yang pasti) itu tidak bisa hilang hanya karen keraguan"

Adapun jika memang merasakan kentut dengan yakin maka itu adalah membatalkan wudhu dan shalatnya.

Al Imam Ibnu Hajar pernah ditanya tentang obat was-was, beliau menjawab :
"Ada obat yang sangat bermanfaat yaitu harus berpaling dari syaitan seluruhnya (maksudnya dari maksiat yang membuat syaithan senang).

Al imam Izz ibnu Abdussalam menyebutkan bahwa penyakit was-was adalah bahaya yang datang dari syaitan, dan iblislah yang memerintahkan untuk melakukannya,  barang siapa yang memeranginya maka mendapatkan pahala seorang mujahid karena dia sedang memerangi musih Allah, manusia terdahulu juga mendapatkan ujian olehnya (maksdnya adam diuji oleh iblis)....dan telah dinukil dari imam An Nawawi bahwasannya jika ada seseorang yang sedang diuji dengan was-was syaithan di dalam wudhu dan shalatnya maka disunahkan mengucapkan La ilaha illa Allah,  karena syaitan jika mendengar dzikir ia akan menjauh, dan sebaik-baik dzikir adalah kalimat Lailaha illallah

wallohu a'lam
______________________
abu syuraih el fayadh

25 Dzhulhijjah 1436H
09  Oktober 2015 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar