Jumat, 09 Oktober 2015

KAPAN WAKTU SHALAT DZUHUR BAGI WANITA KETIKA HARI JUM'AT

➖ KAPAN WAKTU SHALAT DZUHUR BAGI WANITA KETIKA HARI JUM'AT ➖

📩 PERTANYAAN MASUK :

Assalamu'alaikum
Ustadz, apakah benar, dihari Jum'at, perempuan baru boleh shalat dzuhur setelah kaum pria selesai melaksanakan shalat Jum'at? Adakah dalilnya?

JAWABAN :

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين و أفضل الصلاة و أتم التسليم، على سيدنا محمد خاتم الأنبياء و المرسلين و على آله و أصحابه أجمعين، و التابعين، و من تبع هداهم بإحسان إلى يوم الدين

Waktu shalat dhuhur seperti biasa yaitu ketika matahari tergelincir ke sebelah barat dan panjang bayangan kita ukurannya persis seperti kita, maka sudah boleh shalat dzuhur jika telah masuk waktu tersebut. Karena tidak ada pengkhususan harus setelah jum'at,

Bagi yang tidak diwajibkan shalat jum'at seperti wanita,  musafir, hamba sahaya,  dan orang sakit. Maka boleh shalat di waktu-waktu itu dan tidak mesti harus menunggu selesainya shalat jumat yang di masjid.

Al Imam Ibnu Qudamah mengatakan : Adapun bagi seseorang yg tidak diwajibkan shalat jumat seperti perempuan,  seorang hamba, musafir,  orang sakit. Maka hendaknya shalat sebelum imam melaksanakan shalat jum'at,  sebagaimana yg dikatakan oleh kebanyakan para ulama"

wallahu a'lam
_________________________
abu syuraih el fayadh

25 Dzulhijjah 1436 H
09 Oktober 2015 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar