Minggu, 04 Oktober 2015

HIDANGAN BANGKAI DALAM MAJLIS..??

🔵 HIDANGAN BANGKAI DI DALAM MAJLIS 🔴

✏ Jika anda sedang duduk-duduk dengan teman anda lalu teman anda menyuguhi anda dengan bangkai, apakah anda akan memakannya??

🔥 Sesungguhnya memakan bangkai yang disuguhi itu lebih baik dari pada membicarakan kejelekan saudara kita dari belakang.

💧iya..itulah GHIBAH
menyebutkan dan menceritakan kejelekan saudara kita sedangkan saudara kita tak senang jika masalahnya diceritakan kepada orang lain.

✋🏻 Itulah Ghibah, memang terasa manis dan menyenangkan, Akan tetapi akibatnya bisa berdampak di dunia dan di akhirat.

🔥 BAHAYA GHIBAH

1⃣

عَنْ أَبِي حُذَيْفَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَسْبُكَ مِنْ صَفِيَّةَ كَذَا وَكَذَا قَالَ غَيْرُ مُسَدَّدٍ تَعْنِي قَصِيرَةً فَقَالَ لَقَدْ قُلْتِ كَلِمَةً لَوْ مُزِجَتْ بِمَاءِ الْبَحْرِ لَمَزَجَتْهُ

Dari Abu Hudzaifah dari 'Aisyah ia berkata; aku berkata kepada Nabi ﷺ  "cukuplah Shafiah bagimu dia itu seperti ini dan seperti ini- maksudnya pendek-." Beliau lalu bersabda: "Sungguh engkau telah mengatakan suatu kalimat, sekiranya itu dicampur dengan air laut maka ia akan dapat menjadikannya berubah tawar." (HR. Abu Daud )

2⃣  Dari Sa'id bin Zaid dari Nabi ﷺ beliau bersabda: "Sesungguhnya seburuk-buruk riba adalah merusak kehormatan orang lain dengan cara yang tidak dibenarkan."(HR. Abu Daud,  Ahmad).

3⃣ Dari Anas bin Malik ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda: "Ketika aku dinaikkan ke lagit (dimi'rajkan), aku melewati suatu kaum yang kuku mereka terbuat dari tembaga, kuku itu mereka gunakan untuk mencakar muka dan dada mereka. Aku lalu bertanya, "Wahai Jibril, siapa mereka itu?" Jibril menjawab, "Mereka itu adalah orang-orang yang memakan daging manusia (ghibah) dan merusak kehormatan mereka."( HR. Abu Daud,  Ahmad ).

4⃣  Nabi ﷺ bersabda :

حَسْبُ امْرِئٍ مِنْ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ

"Cukuplah seorang muslim itu dikatakan buruk jika ia menghina saudaranya sesama muslim." (HR. Ahmad,  Abu Daud dan Ibnu Majah )

APA YANG KITA LAKUKAN JIKA MELIHAT ORANG MENGGIBAHI SAUDARANYA

Ingatkan dia dan sebutkan kebaikan orang yang dighibahi olehnya

Nabi ﷺ bersabda :

مَنْ حَمَى مُؤْمِنًا مِنْ مُنَافِقٍ يَعِيبُهُ بَعَثَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى مَلَكًا يَحْمِي لَحْمَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ نَارِ جَهَنَّمَ

"Barangsiapa yang menjaga seorang mukmin dari orang munafik yang membongkar aib-aibnya, niscaya Allah Tabaraka Wa Ta'ala mengirim Malaikat yang menjaga dagingnya pada Hari Kiamat dari sambaran neraka Jahannam. (HR. Ahmad )

itulah bahayanya ghibah semoga kita dapat selamat darinya, dan semoga bermanfaat.

wallohu a'lam
_________________________
abu syuraih el fayadh

13 Dzulhijjah 1436 H
27 September 2015 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar