Selasa, 13 Oktober 2015

DO'A KETIKA MASUK BULAN MUHARAM

➖ AMALAN BULAN MUHARRAM ➖

📩 PERTANYAAN MASUK :

Assalamualaikum..
Ustad sholat dan do'a apa yg dibaca menjelang 1 muharam yang dianjurkan Rosulullah ﷺ syukron penjelasannya

📋 JAWABAN :

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين و أفضل الصلاة و أتم التسليم، على سيدنا محمد خاتم الأنبياء و المرسلين و على آله و أصحابه أجمعين، و التابعين، و من تبع هداهم بإحسان إلى يوم الدين

Sebelumnya saya ingatkan bahwa setiap amalan ibadah itu harus dilandasi dengan dalil baik dari Al qur'an atau hadist, jika tidak ada dalil yang menjelaskan dari keduanya maka kita tidak boleh mengamalkannya walaupun perkara tersebut kita anggap baik,  karena dalam masalah ibadah patokannya adalah dalil bukan baik.

Di bulan muharam ini tidak ada anjuran ibadah khusus kecuali puasa di tanggal 9 dan 10 nya,  yang sering disebut juga dengan nama hari tasyu'a dan hari asyura'.

Dari Abi Qatadah berkata,  Rosulullah ﷺ bersabda :

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

"Adapun puasa pada hari 'Asyura`(tanggal 10 muharram), aku memohon kepada Allah agar puasa tersebut bisa menghapus dosa setahun sebelumnya." (HR. Muslim ).

Dari Abdillah bin Abbas radliallahu 'anhuma berkata "saat Rasulullah ﷺ berpuasa pada hari 'Asyura`, beliau  memerintahkan juga kepada para sahabatnya untuk berpuasa. Maka para sahabat berkata, "Wahai Rasulullah, itu adalah hari yang sangat diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani."
Maka Rasulullah ﷺ bersabda: "Pada tahun depan insya Allah, kita akan berpuasa pada hari ke sembilan (Muharram)." Tahun depan itu pun tak kunjung tiba, hingga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat. (HR. Muslim ).

Orang yahudi berpuasa juga di tanggal 10 muharam, oleh karena itu kita dianjurkan berpuasa di tanggal 9 dan 10nya agar menyelisihi ibadah orang-orang yahudi.

wallahu a'lam

✏ Akh Abu Syuraih rojul fayyadh

📡 Disebarkan oleh markaz El_fatawa grup :

⚪ Blogg : http://android-fayad.blogspot.com/?m=0

⚪ Fb : https://m.facebook.com/profile.php?id=463417250512252&ref=bookmarks

⚪ El_fatawa grup : +966500275433

Tidak ada komentar:

Posting Komentar