Minggu, 04 Oktober 2015

KEUTAMAAN SHALAT DI RUMAH BAGI WANITA

🔴 KEUTAMAAN SHALAT DI RUMAH BAGI WANITA 🔵

                        بسم الله الرحمن الحيم

Seorang wanita adalah fitnah atau ujian bagi laki-laki,  dan wajib bagi kita untuk menjaga dan berusaha untuk melindunginya dari laki-laki asing semampu yang kita lakukan.

Adapaun masalah mana yang lebih utama bagi wanita shalat di masjid ataukah shalat di rumahnya ? maka inilah penjelasan dari Nabi ﷺ.

Rosulullah ﷺ telah memberikan keutamaan bagi wanita untuk shalat di rumah mereka ketimbang di masjid.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dia berkata:

Rasulullah ﷺ  bersabda :

لَا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

"Janganlah kalian melarang kaum wanita pergi ke masjid, akan tetapi sebenarnya rumah rumah mereka itu lebih baik bagi mereka." (HR. Abu Daud )

Dibolehkan bagi wanita untuk shalat di masjid hanya saja shalat di rumahnya itu lebih utama bagi mereka.

Apakah sebab yang membuat shalat seorang wanita lebih baik di rumah mereka? itu dikarenakan jika mereka shalat di rumah maka mereka lebih terjaga dari fitnah, apalagi fitnah wanita zaman sekarang sudah cukup parah dari pada fitnah di zaman sebelumnya.

A'isyah pernah berkata :

لَوْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى مَا أَحْدَثَ النِّسَاءُ لَمَنَعَهُنَّ الْمَسْجِدَ كَمَا مُنِعَتْ نِسَاءُ بَنِي إِسْرَائِيلَ

"Seandainya Rasulullah ﷺ melihat apa yang  terjadi pada kaum wanita (zaman sekarang) niscaya beliau akan melarang mereka untuk menghadiri masjid sebagaimana kaum perempuan bani Israil dilarang (HR. Muslim )

Berkata Yahya "Saya bertanya kepada Amrah (putri Abdurahman) Apakah kaum wanita bani Israil dilarang ke masjid? Dia menjawab "Ya".

Abdul adzim abadi menagatakan :

"Sebab yang membuat wanita lebih baik shalat di rumah adalah karena jika mereka shalat di rumah maka mereka lebih aman dari fitnah, dan itu terbukti dengan fakta yang terjadi pada wanita zaman sekarang ini seperti bertabarruj dan berhias seperti orang jahiliyah dahulu.

Syaikh Abdulloh al jibrin mengatakan :

"adapun seorang wanita maka rumah mereka itu lebih baik untuk shalat, tapi jika ia ingin shalat di pasar (catatan sedikit pasar di saudi tidak sama dengan pasar indonesia) jika ada tirai penutupnya maka boleh insyaAlloh" ( fatawa mar'ah al muslimah 1/333 ).

wallohu a'lam



*syaikh Muhammad bin shaleh al munjid.
________________________
alih bahasa :

abu syuraih el fayadh
16 Dzulhijjah 1436 H
30 September 2015 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar