Kamis, 22 Oktober 2015

APAKAH SUARA WANITA ITU AURAT

🔘 APAKAH SUARA WANITA ITU AURAT 🔘

📩 PERTANYAAN MASUK :

Assalamualaikum...
Ustadz..apakah suara wanita termasuk aurat? syukron..

📋 JAWABAN :

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

بسم الله الحمن الرحيم

wallahu a'lam,  suara wanita bukanlah termasuk aurat. Walaupun bukan aurat tapi mereka tidak  boleh membuat-buat suara agar terlihat halus dan indah di hadapan laki-laki lain.

Allah subhana wa ta'ala berfirman :

يَا نِسَاءَ النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِنَ النِّسَاءِ ۚ إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَعْرُوفًا

"Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik, (QS. Al Ahzab : 32).

Ayat di atas bukan penjelasan bahwa suara wanita itu aurat,  akan tetapi menjelasakan tentang merendahkan suara bagi wanita itu tidak boleh,  dikhawatirkan akan memfitnah laki-laki lain.

Syaikh Utsaimin mengatakan "Para Shahabiyah / sahabat dari kalangan perempuan sering bertanya langsung di hadapan Nabi, sedangkan di sekeliling Nabi ada sahabat yang lain yang busa mendengar suara mereka,  maka jikalah suara mereka itu aurat maka Nabi akan melarang mereka berbicara.

Para Ahli fiqih dari kalangan Hambali mereka mengatakan bahwa suara wanita bukanlah aurat. (Lihat kitab Syarh Al Muntaha 11/3 dan Syarh Al Iqna' 8/3).

Akan tetapi wanita tetap dilarang membuat-buat  suaranya agar menjadi merdu.

wallahu a'lam

✏ Akh Abu Syuraih rojul fayyadh

📡 Disebarkan oleh markaz El_fatawa grup :

⚪ Blogg : http://android-fayad.blogspot.com/?m=0

⚪ Fb : https://m.facebook.com/profile.php?id=463417250512252&ref=bookmarks

⚪ El_fatawa grup : +966500275433

Tidak ada komentar:

Posting Komentar