Minggu, 04 Oktober 2015

HUKUM MEMAJANG FOTO DI DINDING

🔰HUKUM MEMAJANG FOTO🔰

📩 PERTANYAAN MASUK

assalmu'alalaikum ustadz ana mau tanya apa hukumnya poto makluk hidup yg di pajang di dlm rmh.syukron

📜 JAWABAN

wa'alaikumussalam warahmatullohi wabarakuh...

jawaban tersebut tertera dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim dari Abi Talhah radhiyallohu anhu ia berkata,  Rosululloh ﷺ bersabda :

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ

"sesungguhnya malaikat tidak akan masuk ke dalam sebuah rumah yang di dalamnya ada gambar (makhluk bernyawa)"(HR. Muslim).

Nabi ﷺ juga bersabda dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh imam muslim :

كُلُّ مُصَوِّرٍ فِي النَّارِ يَجْعَلُ لَهُ بِكُلِّ صُورَةٍ صَوَّرَهَا نَفْسًا فَتُعَذِّبُهُ فِي جَهَنَّمَ

"Setiap orang yang suka menggambar itu akan masuk neraka. Allah akan menjadikan baginya, dengan setiap gambar yang dibuat, sosok yang akan menyiksanya di neraka Jahanam kelak"( HR. Muslim)

lalu bagaimana jika kita hobi sekali dengan melukis dan menggambar,  maka ibnu abbas memberikan solusinya, Beliau berkata; "Jika kamu memang harus tetap melakukannya juga, maka buatlah gambar pepohonan atau benda lain yang tak bernyawa" (HR. Muslim)

kenapa kita dilarang memajang foto di dalam rumah?? itu semua dikarenakan perkara tersebut bisa mengabikatkan bencana yang sangat fatal.

Dalam sebuah hadis yang shahih dari ibnu abbas radhiyallohu anhu ketika beliau menfsirkan sebuah ayat dalam surat Nuh ayat 23 Alloh subhana wa ta'ala berfirman :

وَقَالُوا لَا تَذَرُنَّ آلِهَتَكُمْ وَلَا تَذَرُنَّ وَدًّا وَلَا سُوَاعًا وَلَا يَغُوثَ وَيَعُوقَ وَنَسْرًا

" Dan mereka berkata: "Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) wadd, dan jangan pula suwwa', yaghuts, ya'uq dan nasr"(QS. Nuh : 23)

Ibnu abbas mengatakan "ini adalah nama-nama orang shaleh dari kaum Nabi Nuh"

Ibnu Qoyyim berkata: "lebih dari satu salaf yang mengatakan bahwa tatkala mereka mati, kaum Nabi Nuh beri'tikaf diatas kuburan mereka, kemudian MENGGAMBAR patung mereka, seiring waktu berlalu merekapun meyembahnya.

*kitab tauhid syaikh muhammad at tamimi

wallohu'alam bisshowab
__________________________
1 Dzulhijjah 1436, madinah
*abu syuraih el fayadh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar